Pengertian Purging Dan Breakout Dalam Ilmu Dermatologi

Perbedaan Purging Dan Breakout Dalam Ilmu Dermatologi
Pengertian Purging Dan Breakout Dalam Ilmu Dermatologi
Sebelum saya membahas pengertian purging dan breakout dalam ilmu dermatologi. Saya akan menceritakan pengalaman saya tentang kesesatan saya dalam mencari arti purging dan breakout sebenarnya.

Awalnya saya tahu Breakout atau purging dari para suhu beauty yang ada di forum, group dan media sosial lainnya seperti Facebook, Instagram bahkan di artikel Mbah Google lho sekarang tambah lagi Tik tok yang lagi rame. Dari membedakan purging dan breakout, ciri-ciri purging dan breakout, tanda-tanda purging dan beakout, cara mengetahui purging dan breakout sampai contoh purging dan breakout pun saya cari tahu. Namun, lama-kelamaan saya merasa ada kejanggalan di dalam pikiran dan hati saya tentang purging atau breakout ini.

Dan akhirnya saya ketemu seseorang dokter spKK yaitu dokter Kriss yang kelulusan Jerman. Saya kepo di akun media sosialnya dan ternyata dokter Kriss ini bisa menjawab dari pertanyaan saya selama ini, ternyata purging dan breakout tidak ada dalam ilmu dermatologi. Lho kok bisa bukannya review purging dan breakout di forum dan media sosial banyak yang membahas. Nah disini saya akan membahas pengertian purging dan breakout dari ilmu dermatologi yang saya dapatkan dari textbook dermatologi dan dari dokter Kriss serta beberapa dokter spKK lainnya.

Pengertian Purging Dan Breakout Dalam Ilmu Dermatologi

Purging breakout adalah bahasa awam yang amat sulit dicarikan padanannya yang paling tepat di dalam textbook-textbook dermatologi. Kondisi kulit yg mendekati ungkapan awam ini adalah terjadinya suatu efek samping yang tak diinginkan setelah cara aplikasi (yang salah) golongan Retinoid & exfoliator golongan asam seperti Hydroxy Acids. Warna kulit jadi memerah setelah aplikasi selama beberapa waktu adalah suatu gambaran abnormal kulit. Artinya kulit sedang kesakitan & harus segera diobati. Biar reaksi iritasi dibiarkan akan jadi radang dan bisa menjadi HPI (Hiperpigmentasi Pasca Inflamasi) atau PIE (Post Inflamatory Erythema).

Arti purging sebenarnya adalah efek samping yang muncul akibat ketidaktahuan pemakai tentang cara pakai yang benar suatu bahan aktif dalam skincare. Bahan- bahan aktif golong Retinoid dan beberapa golongan exfoliator (Hydroxy Acids) punya efek samping iritasi-inflamasi.

Efek samping bahan aktif retinoid disebut retinoid dermatitis dan efek samping dari hydroxy acid disebut peeler dermatitis. Efek samping ini memang bisa hilang sendiri. Tapi sebaiknya jangan sampai timbul. Selain tak nyaman bagi pemakai juga berisiko timbulnya HPI (Hiperpigmentasi Pasca Inflamasi).

Purging vs Breakout

Purging adalah suatu kondisi kulit TAK NORMAL karena warna kulit memerah. Warna merah pada kulit ini adalah suatu "jeritan" kulit sedang menderita sedangkan breakout adalah jerawatnya kambuh lagi. Deritanya harus segera diakhiri dengan berobat ke dokter. Bila mungkin ke dokter kulit. Safe Your Skin!

Arti “purging" antar dua orang penderitanya (contoh: pasien A & B) bisa tak sama. Bagi pasien A “Purging" yg dideritanya bisa berarti Akne vulgaris di mata seorang dokter kulit. Bagi pasien B “purging" yg dideritanya bisa didiagnosa iritasi biasa di mata dokter kulit yg sama. Ekspresi "purging” bisa tak sama antarpasien. Begitu pula arti "Breakout”. Karenanya membandingkan antara dua katayang multitafsir adalah percuma.Contoh yang bagus untuk membandingkan adalah membandingkan antara Acne vs Rosacea. Keduanya sudah punya arti yang pasti. Tak ada multitafsir lagi.

Ciri-ciri Purging Dan Breakout

  1. Kemerahan lebih dari 1x 24 jam
  2. Munculnya paspul dan pustul dengan ukuran biji beras, kacang hijau bahkan besar
  3. Mengalami rasa gatal dan perih yang tidak kesudahan 

Cara Mengatasi Purging Dan Breakout

  • Hentikan pemakaian skincare yang menimbulkan masalah
  • Kurangi jangka waktu pemakaian misalnya seminggu sekali menjadi 2 minggu sekali ataupun sebulan sekali
  • Segera ke dokter SpKK
Inilah pengertian purging dan breakout yang sebenarnya teman-teman jadi kalo ada yang bilang kalian mengalami purging atau breakout itu sangat lah salah besar itu adalah iritasi yang harus segera diatasi.

Keyword Search: perbedaan breakout dan purging,purging adalah,contoh wajah purging,bedanya purging dan breakout,breakout wajah,perbedaan purging dan breakout,jerawat purging,wajah breakout,mempercepat purging,kulit breakout,cara mengatasi purging,cara mengatasi kulit wajah breakout,cara menghilangkan breakout pada wajah,cara mengatasi wajah breakout,cara menghilangkan breakout di wajah,mengatasi wajah breakout,cara atasi wajah breakout,purging dan breakout

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url