Manfaat Niacinamide Pada Skincare

fungsi Niacinamide Pada Skincare
Manfaat Niacinamide Pada Skincare

Sebelum membahas manfaat niacinamide pada skincare, yuk simak apa yang dimaksud nicianamide.

Apa Itu Niacinamide Pada Skincare?

Niacinamide, juga dikenal sebagai nicotinamide, adalah amida niasin (vitamin B3) yang aktif secara biologis. Bentuk vitamin ditemukan secara alami dalam berbagai macam makanan, terutama sayuran umbi-umbian, jamur, ragi, buah-buahan, kacang tanah, dan biji-bijian. Secara signifikan, efek niacinamide pada pigmentasi telah terbukti reversibel.

Manfaat Niacinamide Dalam Penelitian Dermatologi

Penelitian dan penggunaan niacinamide lisan telah dilakukan sejak tahun 1930-an, tetapi data tentang penggunaan niacinamide topikal relatif baru. Penggunaan pertama niacinamide topikal untuk memperbaiki fungsi pelindung kulit pada individu dengan pellagra, yang berkaitan dengan sensitivitas kulit yang diakibatkan oleh sinar matahari, dilaporkan pada tahun 1976. Selama lebih dari 40 tahun, niacinamide telah digunakan dalam dermatologi untuk berbagai macam gangguan termasuk jerawat, dermatitis atopik , dermatosis bulosa autoimun, sebum berlebih, serta rosacea, dan baru-baru ini untuk perawatan hiperpigmentasi dan untuk mencegah fotoaging dan fotoimunosupresi.

Niacinamide adalah bagian penting dari niacin coenzymes nicotinamide adenine dinucleotide (NAD +) dan nicotinamide adenine dinucleotide phosphate (NADP +), dan masing-masing tereduksi membentuk antioksidan NADH dan NADPH. Senyawa ini berkontribusi pada oksidasi seluler dan reaksi reduksi serta sintesis dan perbaikan DNA, terlibat dalam lebih dari 200 reaksi enzimatik, dan mungkin yang berperan dalam memberikan manfaat kosmetik. Surjana dan Damian menyarankan bahwa niacinamide mampu memberikan efek klinis karena perannya sebagai prekursor energi seluler, modulator sitokin inflamasi, dan penekan enzim inti poli (adenosin difosfat-ribosa) polimerase-1. Ini juga telah meningkatkan produksi lipid antar sel.

Niacinamide telah dibuktikan dapat mengatasi transfer melanosom ke keratinosit epidermal, hingga 68 persen dalam model in vitro, dan untuk membuat perbaikan pigmentasi wajah yang tidak diinginkan. Penghambatan transfer melanosom dari melanosit ke keratinosit sebagai metode utama dimana niacinamide mengurangi pigmentasi kulit.

Niacinamide mengobati hiperpigmentasi dengan melanin permukaan kulit dan melindungi kerusakan kulit dari kerusakan UV lebih lanjut. Terlalu banyak melanin (yang merupakan zat alami dalam tubuh yang bertanggung jawab atas warna kulit untuk penyerapan sinar UV) dapat menyebabkan bintik-bintik penuaan, bintik-bintik, dan hiperpigmentasi.

Manfaat Niacinamide Pada Skincare

Beberapa di antaranya perbaikan tampilan pori-pori yang membesar, warna kulit tidak merata, garis-garis halus dan kerutan, kusam, dan pelemahan pelindung lipid kulit. "Aplikasi topikal niacinamide telah terbukti meningkatkan ceramide dan kadar asam lemak bebas di kulit, mencegah kulit kehilangan kadar air, dan merangsang mikrosirkulasi di dermis" menurut British Journal of Dermatology pada tahun 2000.

Niacinamide juga digunakan untuk mengobati jerawat, dan dalam penelitian 8 minggu * di mana pasien diobati dengan gel niacinamide konsentrasi 4%, 82% pasien yang diobati dengan niacinamide salam membaik. Tidak ada efek samping. Penelitian menunjukkan bahwa aktivitas anti-inflamasi Niacinamide dapat berkontribusi pada efeknya pada jerawat.

Efek Samping Niacinamide Pada Skincare

Niacinamide terbukti melalui berbagai penelitian dalam konsentrasi 2-5%. Apakah konsentrasi yang jauh lebih tinggi sebanding dengan besaran manfaat dan efek samping? Itu belum bisa dijawab. Bahkan konsentrasi tinggi bisa menimbulkan iritasi pada kulit wajah.

Apa Saja Yang Boleh Digabungkan Dengan Niacinamide

Niacinamide boleh bersama dengan retinoid, sunscreen, AHA, BHA, vitamin c dan bahan lainnya tanpa memperhatikan reaktivitas

Misalnya:

  • Niacinamide boleh digabung dengan aha bha
  • Niacinamide boleh digabung dengan retinol
  • Niacinamide boleh digabung dengan alpha arbutin
  • Niacinamide boleh digabung dengan vitamin c
  • Niacinamide boleh digabung dengan hyaluronic acid
  • Niacinamide boleh digabung dengan benzyoil peroxide

Niacinamide Amankah Untuk Ibu Hamil Dan Menyusui?

Niacinamide aman untuk ibu hamil dan menyusui, Tetapi tergantung keseluruhan kandungan produk itu ada tidak bahan yang tidak boleh untuk ibu hamil dan menyusui

Manfaat Niacinamide Pada Skincare Yang Belum Diketahui

Penghambatan PAR-2, anti inflamasi, antioksidan, anti aging, fotoprotektif

Niacinamide berasal dari:

Kandungan vitamin alami dari berbagai makanan tetapi bahan kosmetiknya adalah buatan laboratorium

Kelebihan Niacinamide Pada Skincare

  1. Agen pemblokiran PAR-2
  2. Larut dalam air
  3. Mudah ditoleransi
  4. Anti inflamasi
  5. Dapat diformulasikan dalam SPF
  6. Tidak ada interaksi dengan bahan lain

Kekurangan Niacinamide Pada Skincare

  1. Tidak terlalu dikenal oleh konsumen
  2. Tidak sekuat hydroquinone
  3. Tidak ada bentuk organik atau alami yang tersedia di pasaran

Kategori Perawatan Pribadi: Depigmentasi, Exfoliasi

Direkomendasikan untuk jenis kulit baumann

Merupakan pilihan terbaik untuk jenis kulit kering, sensitif dan mudah keriput. Terbaik untuk DRNT, DRNW, DRPT, DRPW, DSNT, DSNW, DSPT, DSPW, ORPT, ORPW, OSPT, OSPW, OSNT, dan OSNW.

Demikian manfaat niacinamide pada skincare semoga artikel ini bermanfaat untuk yang membaca

Referensi

Baumann, Leslie.S. 2014.Cosmeceuticals and Cosmetic Ingredients: First Edition.New York: McGraw-Hill Education

https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/7657446/

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url