Mengenal 4 Jenis Kulit Sensitif: Rosacea, Jerawat, Kulit Terbakar, dan Alergi

Cara Memahami 4 Jenis Kulit Sensitif

Istilah kulit sensitif sering kali digunakan secara tidak tepat dan banyak orang mengira bahwa mereka memiliki kulit sensitif padahal sebenarnya tidak. Dalam Sistem Pengklasifikasian Kulit Baumann, ada 4 jenis kulit sensitif yang berbeda. Keempat subtipe kulit sensitif tersebut bersifat reaktif dan rentan terhadap peradangan. Untuk memilih produk perawatan kulit terbaik dan membangun rangkaian perawatan kulit untuk kulit sensitif, kamu perlu mengetahui jenis kulit sensitif yang kamu miliki.

Mungkin saja, dan bahkan umum terjadi, seseorang memiliki lebih dari satu macam jenis kulit sensitif yang membuat belanja produk perawatan kulit sensitif menjadi tantangan tersendiri. 

Jika kamu memiliki kulit sensitif, kamu pasti tahu betapa menjengkelkannya ketika kamu mengalami hari kulit yang buruk. Menggunakan bahan perawatan kulit yang salah dapat menyebabkan dan memperburuk kulit sensitif!

Memahami berbagai jenis kulit sensitif yang kamu miliki akan membantumu menemukan produk terbaik untuk mengurangi peradangan dan menjaga kulitmu tetap tenang.

Cara terbaik untuk mengetahui apakah kamu memiliki kulit sensitif dan jenis kulit sensitif apa yang kamu miliki adalah dengan mengikuti Tes Jenis Kulit Baumann. Delapan dari 16 Tipe Kulit Baumann memiliki kulit sensitif.  Apakah kamu salah satu dari mereka? Cari tahu sekarang!

Apa Itu Kulit Sensitif?

Kulit sensitif dan iritasi yang menyertainya adalah keluhan umum bagi jutaan orang. Menurut American Academy of Dermatology, 40 persen orang Amerika percaya bahwa mereka memiliki beberapa bentuk kulit sensitif. Secara umum, kulit sensitif terjadi ketika pelindung kulit lemah atau rusak. Ini berarti polutan dan zat berbahaya lainnya dapat lebih mudah menembus kulit dibandingkan dengan kulit yang resisten. Ini juga berarti bahwa banyak produk perawatan kulit dapat menyebabkan kemerahan atau iritasi. Lebih dari 40 persen orang melaporkan memiliki kulit sensitif. Namun, banyak orang tidak mengetahui bahwa sebenarnya ada empat subtipe berbeda yang dapat mempengaruhi cara mereka merawat kulit sensitif.

Kulit sensitif akan bereaksi jika produk perawatan kulit yang digunakan salah. Hal ini terjadi karena kulit sensitif merupakan kulit yang mudah mengalami peradangan. Jika kamu memiliki kulit sensitif, kamu tahu betapa menjengkelkannya memiliki reaksi kulit terhadap produk baru. Sangat penting bagimu untuk menggunakan produk kulit sensitif yang benar dalam rutinitas perawatan kulit untuk kulit sensitif karena kulitmu berisiko tinggi mengalami iritasi dan peradangan. 

Kulit Sensitif = Kulit Reaktif = Kulit Yang Mudah Mengalami Peradangan

Ada banyak penyebab peradangan kulit, tetapi hasilnya selalu sama - pelebaran pembuluh darah yang membuat kulit menjadi merah muda/merah dan aktivasi satu atau lebih jenis jalur inflamasi yang berbeda. Kulit yang meradang adalah kulit yang tidak sehat karena peradangan kulit menyebabkan peradangan di dalam tubuh. Kita tahu ini karena penanda peradangan (disebut cytokine) dapat ditemukan dalam darah saat kulit meradang. Cytokine inflamasi dalam darah dapat berkontribusi pada perkembangan penyakit seperti diabetes, penyakit jantung dan penyakit Alzheimer. Tubuhmu akan lebih sehat secara keseluruhan jika kamu bisa menghilangkan sebanyak mungkin penyebab peradangan kulit. Menggunakan produk kulit sensitif yang tepat untuk Baumann Skin Type® mu akan membantu mengurangi peradangan- tidak hanya di kulitmu- tetapi juga di tubuhmu.

Cara Mengetahui Jenis Kulit Sensitif

Meskipun ada 4 jenis kulit sensitif, semuanya disebabkan oleh peradangan. Peradangan kulit terjadi ketika faktor peradangan dalam tubuh merangsang pembuluh darah membesar dan mengeluarkan air, yang menyebabkan kemerahan, bengkak, dan gatal. Untuk membantu menjelaskan peradangan, saya menggunakan contoh INFLA-MAN.

INFLA-MAN menciptakan malapetaka dalam tubuh dengan merangsang berbagai jalur dalam tubuh, termasuk jalur asam arakidonat, sitokin, dan sel dalam sistem kekebalan. Saat jalur INFLA-MAN diaktifkan, berbagai sel menghasilkan faktor inflamasi, meningkatkan produksi prostaglandin, mengaktifkan gen yang dapat menyebabkan peradangan dan menyebabkan pembuluh darah membesar, yang menyebabkan kemerahan. Meskipun kamu tidak memahami bagaimana INFLA-MAN menyebabkan peradangan, penting bagi kamu untuk mengetahui bahwa INFLA-MAN menyebabkan banyak masalah yang dapat menyebabkan "kulit sensitif".

Perawatan yang tepat dapat memperbaiki gejala kulit sensitif dan berhasil mengalahkan INFLA-MAN. Langkah pertama adalah mengetahui jenis kulit sensitif mana yang kamu derita. Banyak orang menderita satu atau lebih jenis kulit sensitif secara bersamaan.

Jenis-jenis Kulit Sensitif

Semua jenis kulit sensitif memiliki tanda-tanda peradangan. Peradangan disebabkan oleh banyak hal yang berbeda.

Ada begitu banyak kebingungan tentang apa itu kulit sensitif, sehingga jika kamu ingin mengetahui apakah kamu memiliki kulit sensitif, hal terbaik yang harus dilakukan adalah mengikuti tes jenis kulit ini.  Tes ini akan membantu kamu mengetahui apakah kamu memiliki kulit sensitif, apa penyebabnya, dan apa yang harus dilakukan untuk mengatasinya.

Ada 4 macam jenis kulit sensitif:

  1. Jerawat
  2. Rosacea
  3. Perih
  4. Alergi

Kulit Sensitif Jenis 1 - Berjerawat/Bruntusan

Jenis Jerawat Kulit Sensitif memiliki benjolan merah yang disebut papula, atau benjolan nanah yang disebut benjolan jerawat atau pustula, dan pori-pori yang tersumbat yang disebut komedo.  Jerawat yang parah akan memiliki cystic acne.

Jerawat disebabkan oleh bakteri Cutibacterium acnes (C. acnes), hormon, dan/atau pori-pori yang tersumbat.

Bakteri penyebab jerawat:

  • pori-pori tersumbat.
  • peradangan.
  • papula, dan pustula yang disebut juga sebagai bruntusan.
  • acne cysts
  • bekas jerawat
  • flek hitam (disebabkan oleh peradangan)

Menggunakan produk perawatan kulit yang salah atau produk yang mengandung bahan yang menyebabkan jerawat dapat menyebabkan kamu tiba-tiba mengalami jenis kulit sensitif berjerawat.

Kulit Sensitif Jenis 2- Rosacea/Kemerahan

Rosacea terjadi ketika pembuluh darah melebar dan kehilangan kemampuan untuk mengecil kembali. Hal ini membuat kulit terlihat merah muda atau merah karena peningkatan aliran darah. Pembuluh darah yang membesar menyebabkan wajah memerah, wajah merah, dan sensasi hangat yang datang dan pergi.

Kamu mungkin memiliki pemicu yang membuat wajah menjadi lebih sensitif.  Wajahmu bisa memerah saat berolahraga, makan makanan pedas atau panas, mengalami emosi yang kuat, atau minum alkohol.

Rosacea bersifat progresif dan memburuk dari waktu ke waktu, jadi kamu perlu menambahkan bahan anti-inflamasi dalam rangkaian perawatan kulitmu.

Carilah pembersih dan krim rosacea yang dapat menenangkan dan menyejukkan kulit.

Kulit Sensitif Jenis 3- Kulit Perih dan Terbakar

Kulit yang terasa perih akan terasa sakit ketika kamu meletakkan sesuatu di atasnya, bahkan air. Orang yang merasakan rasa terbakar dan perih yang tidak nyaman pada kulitnya disebut "stinger". 

Asam, pengawet, dan wewangian dapat menyebabkan rasa perih. Tidak semua jenis kulit perih saat bersentuhan dengan pH asam rendah, tetapi sebagian besar kulit perih.

Tidak diketahui mengapa beberapa orang lebih mungkin merasakan wajah mereka perih ketika menggunakan produk perawatan kulit, tetapi ini berkaitan dengan reseptor sensorik di kulit.

Jenis kulit sensitif rosacea sering kali juga merupakan jenis kulit yang perih.

Ketika kamu memulai produk perawatan kulit retinoid, kamu mungkin akan menjadi jenis kulit sensitif selama beberapa minggu karena pengguna retinoid dapat mengalami rasa perih sebagai efek samping sementara dari retinoid.

Kulit Sensitif Jenis 4 - Kulit Alergi atau Mudah Teriritasi

Kulit yang alergi bereaksi ketika terpapar alergen.  Kulit yang teriritasi memiliki pelindung yang lemah yang memungkinkan zat-zat yang mengiritasi masuk ke dalam kulit.

Subjenis kulit sensitif ini lebih cenderung bereaksi terhadap hal-hal yang ditemuinya seperti:

  • Wewangian
  • Pengawet
  • Bahan sunscreen
  • Bahan kimia yang mengiritasi seperti benzoyl peroxide dan bahan-bahan dengan pH rendah seperti hydroxy acid dan Vitamin C

Berikut ini adalah daftar bahan perawatan kulit yang paling umum menyebabkan reaksi alergi. (link coming soon)

Alergen dan iritasi memicu sistem kekebalan tubuh untuk melepaskan faktor inflamasi yang menyebabkan ruam yang dikenal sebagai dermatitis kontak.

Satu-satunya cara untuk menghindari dermatitis kontak alergi adalah dengan menghindari bahan yang membuatmu alergi.

Apakah Saya Bisa Memiliki Lebih dari Satu Jenis Kulit Sensitif?

Sangat mungkin untuk memiliki lebih dari satu jenis kulit sensitif - pada kenyataannya, banyak orang yang memilikinya. Sebagai contoh, jenis kulit rosacea sering kali memiliki jerawat, kemerahan, dan rasa perih serta lebih mudah teriritasi oleh bahan-bahan yang terkandung di dalam produk perawatan kulit.

Produk perawatan kulit terbaik untuk jenis kulit sensitifmu tergantung pada jenis kulit sensitif yang kamu miliki.

Ada 8 jenis kulit sensitif yang berbeda, dan masing-masing memiliki kebutuhan bahan perawatan kulit yang sedikit berbeda. 

Jika kamu khawatir bahwa kamu memiliki kulit sensitif, pastikan untuk mengikuti tes kulit disini, kenali jenis kulitmu, dan ikuti saran perawatan dari tes kulit. Setelah mengikuti tes, nantikan balasan pesan singkat yang berisi saran khusus mengenai cara merawat kulit sensitifmu.

Semua jenis kulit sensitif harus menggunakan produk dengan bahan-bahan yang menenangkan dan antiinflamasi.

Jenis Kulit Baumann Mana yang Memiliki Kulit Sensitif?

Delapan Tipe Kulit Baumann memiliki kulit sensitif. Masing-masing dapat memiliki kombinasi dari 4 subtipe kulit sensitif. 

 Sebagai contoh- Jenis Kulit Baumann 1 dapat memiliki kombinasi dari 4 subtipe.

  1. Jika Jenis Kulit 1 memiliki jerawat, maka disebut Baumann Tipe Kulit 1 Subtipe Jerawat. 
  2. Jika Jenis Kulit 1 memiliki kemerahan, maka disebut Baumann Skin Type 1 Subtipe Rosacea. 
  3. Jika Jenis Kulit 1 memiliki jerawat dan kemerahan, maka disebut Baumann Tipe Kulit 1 Subtipe Jerawat dan Rosacea. 
  4. Jika Jenis Kulit 1 memiliki jerawat, kemerahan, perih dan ruam alergi, maka disebut Subtipe Kulit Baumann Jenis Kulit 1 Jerawat, Rosacea, Perih, dan Alergi. 

 Meskipun semuanya adalah Baumann Skin jenis 1, masing-masing membutuhkan rangkaian perawatan kulit yang berbeda.  Inilah sebabnya mengapa kamu perlu mengikuti tes kulit untuk mendapatkan saran terbaik tentang cara merawat jenis kulit sensitifmu.

Daftar Tanda dan Gejala Kulit Sensitif

 Apakah Saya Memiliki Kulit Sensitif? Ya, kamu memiliki kulit sensitif jika kamu mengalami gejala-gejala yang ada di daftar ini.

Kamu harus memiliki satu atau lebih dari tanda dan gejala kulit sensitif ini setidaknya setiap 2 bulan sekali untuk dapat dikatakan memiliki kulit sensitif:

  • Benjolan pada kulit (Papula, pustula, atau beruntusan)
  • Wajah Terbakar
  • Kulit Terbakar
  • Wajah memerah
  • Kulit Gatal
  • Muncul Benjolan dan Pustula
  • Kulit Merah Muda
  • Kulit Merah Muda Dengan Kulit Bersisik
  • Kulit Bersisik
  • Wajah Merah
  • Kulit Merah
  • Kemerahan
  • Wajah Perih
  • Kulit perih
  • Kulit Terbakar Tanpa Paparan Sinar Matahari
  • Sensasi kulit yang tidak menyenangkan

Mengapa Saya Perlu Mengetahui Jenis Kulit Sensitif yang Saya Miliki?

Berbagai jenis kulit sensitif memiliki kebutuhan yang berbeda dan membutuhkan bahan yang berbeda pula.

Perlu diketahui jenis kulit sensitif apa yang kamu miliki untuk memberikan saran perawatan kulit karena perawatan untuk satu jenis kulit dapat memperburuk jenis kulit lainnya.

Sebagai contoh, jika kamu memiliki jerawat dan kemerahan, perawatan jerawat dapat memperburuk kemerahan pada kulitmu.

Jika kamu memiliki kemerahan dan alergi - beberapa bahan kosmetik alami dapat mengiritasi kulit kamu dan menyebabkan alergi kulit.

Setelah mengetahui jenis atau tipe kulit yang kamu miliki, maka selanjutnya dapat dirancang rangkaian perawatan kulit yang sesuai dengan jenis kulit sensitif yang kamu miliki, tanpa membuat kulitmu bereaksi.

Jenis Kulit Baumann dengan Kulit Sensitif

Ada 8 Jenis Kulit Sensitif Baumann - Yang manakah kamu?

Kita dapat membagi kulit sensitif menjadi dua kategori utama: Berminyak atau Kering?

Ada 4 jenis kulit berminyak yang sensitif dan 4 jenis kulit kering yang sensitif.

Jenis Kulit Berminyak dan Sensitif

Jenis kulit sensitif berminyak 5 (OSPT) dan 6 (OSNT) biasanya menderita jerawat, tetapi lebih jarang mengalami rosacea, rasa perih dan alergi kulit.

Jenis Kulit 7 (OSPW) dan Jenis Kulit 8 (OSNW) biasanya menderita rosacea tetapi mungkin memiliki beberapa jerawat, rasa perih dan alergi.

Semua jenis kulit sensitif berminyak akan cocok dengan bahan anti inflamasi.

Beberapa bahan perawatan kulit favorit untuk kulit sensitif berminyak adalah Salicylic Acid, Argan Oil, Green Tea, Centella Asiatica Extract, Chamomile, Aloe, Allantoin dan Panthenol.

Jenis Kulit Kering dan Sensitif

Jenis kulit kering dan sensitif lebih sulit untuk dirawat daripada jenis kulit berminyak dan sensitif karena kulit kering jauh lebih rentan terhadap peradangan akibat pelindung kulit yang terganggu.

Tujuan dari rangkaian perawatan kulit untuk kulit sensitif kering adalah untuk menghidrasi kulit dan memperbaiki lapisan pelindung kulit dengan asam lemak yang menenangkan sekaligus menenangkan kulit dengan bahan-bahan perawatan kulit yang menenangkan.

Ada 4 jenis kulit sensitif kering dalam Baumann Skin Typing System. Perhatikan bahwa semuanya ditandai dengan warna merah muda atau merah untuk menggambarkan fakta bahwa produk perawatan kulit yang salah akan menyebabkan kulit bereaksi dan menjadi merah.

Jenis kulit sensitif kering berisiko tinggi untuk bereaksi terhadap produk perawatan kulit baru dan mungkin terbangun dengan jerawat, ruam gatal, atau wajah merah setelah mencoba produk baru.

Kulit Sensitif di Leher

Kulit di leher berbeda dengan kulit di wajah karena memiliki folikel rambut yang lebih sedikit. Kulit leher cenderung lebih reaktif dan sensitif daripada kulit wajah. Leher lebih lambat sembuh daripada wajah dan lebih mungkin meninggalkan bekas luka setelah perawatan laser.

Area leher memiliki lebih banyak efek samping dan mudah mengalami iritasi:

  • Krim anti-aging
  • retinol
  • hydroxy acid

Saat kamu memulai krim anti-aging yang kuat dengan retinol di leher - mulailah setiap hari ke-4 agar kulitmu dapat menyesuaikan diri.

Jika lehermu menjadi merah dan iritasi, gunakan minyak yang menenangkan seperti Argan oil untuk menenangkan kulit.

Demikianlah cara memahami 4 jenis kulit sensitif. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kalian semua.

Keyword Search: cara mengetahui kulit sensitif,tipe kulit sensitif,jenis kulit sensitif adalah,cara mengetahui kulit wajah sensitif atau tidak,jenis kulit sensitif,cara mengetahui kulit sensitif atau tidak,cara mengetahui wajah sensitif atau tidak,cara mengetahui kulit wajah kita sensitif atau tidak,cara mengetahui kulit kita sensitif atau tidak,perbedaan kulit sensitif dan berjerawat,cara membedakan kulit sensitif dan normal,cara mengetahui muka sensitif,cara mengetahui wajah sensitif,cara mengetahui jenis kulit wajah sensitif,ciri2 muka sensitif,ciri jenis kulit sensitif,4 jenis kulit sensitif,cara mengetahui kulit wajah sensitif,cara tahu kulit sensitif,contoh jenis kulit sensitif,perbedaan kulit sensitif dan berminyak,tipe kulit wajah sensitif,cara mengetahui kulit muka sensitif,perbedaan kulit kering dan sensitif,perbedaan kulit sensitif dan normal,cara membedakan kulit sensitif dan tidak sensitif,cara mengetahui kulit kita sensitif,jenis jenis kulit sensitif,jenis kulit wajah sensitif,tipe wajah sensitif,macam macam kulit sensitif,cara mengetahui jenis kulit sensitif,perbedaan kulit berminyak dan sensitif,perbedaan kulit sensitif dan kombinasi,tipe tipe kulit sensitif,tipe kulit sensitif dan berminyak,cara mengecek kulit sensitif,jenis kulit muka sensitif,cara nak tahu kulit sensitif,perbedaan kulit kombinasi dan sensitif,tipe kulit sensitif kombinasi,perbedaan kulit normal dan sensitif,jenis kulit sensitif dan berminyak,jenis kulit berminyak dan sensitif,jenis kulit kering dan sensitif,tipe kulit sensitif adalah,perbedaan kulit sensitif dan macam macam kulit sensitif,cara mengetahui kulit wajah yang sensitif,wajah berminyak sensitif,perawatan kulit sensitif kombinasi,perbedaan kulit wajah normal dan sensitif,beda kulit sensitif dan kombinasi,cara mengenali kulit sensitif,beda kulit berminyak dan sensitif,kulit sensitif cenderung berminyak,perbedaan kulit sensitif dan kulit berminyak,muka berminyak dan sensitif,jenis kulit sensitivitas,jenis kulit sensitif itu seperti apa,macam macam kulit sensitif ,jenis kulit sensitif ciri ciri muka alergi kosmetik

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url