Memahami 4 Jenis Kulit Sensitif

jenis jenis kulit sensitif
Memahami 4 Jenis Kulit Sensitif

Sebelum memahami 4 jenis kulit sensitif, kamu harus mengetahui dulu apa itu kulit sensitif.

Apa Itu Kulit Sensitif?

Kulit sensitif dan iritasi yang menyertainya adalah keluhan umum bagi jutaan orang. Menurut American Academy of Dermatology, 40 persen orang Amerika percaya bahwa mereka memiliki beberapa bentuk kulit sensitif. Secara umum, kulit sensitif terjadi ketika pelindung kulit lemah atau rusak. Ini berarti polutan dan zat berbahaya lainnya dapat lebih mudah menembus kulit dibandingkan dengan kulit yang resisten. Ini juga berarti bahwa banyak produk perawatan kulit dapat menyebabkan kemerahan atau iritasi. Lebih dari 40 persen orang melaporkan memiliki kulit sensitif. Namun, banyak orang tidak mengetahui bahwa sebenarnya ada empat subtipe berbeda yang dapat memengaruhi cara mereka merawat kulit sensitif.

Cara Mengetahui Jenis Kulit Sensitif

Meskipun ada 4 jenis kulit sensitif, semuanya disebabkan oleh peradangan. Peradangan kulit terjadi ketika faktor peradangan dalam tubuh merangsang pembuluh darah membesar dan mengeluarkan air, yang menyebabkan kemerahan, bengkak, dan gatal. Untuk membantu menjelaskan peradangan, saya menggunakan contoh INFLA-MAN.

INFLA-MAN menciptakan malapetaka dalam tubuh dengan merangsang berbagai jalur dalam tubuh, termasuk jalur asam arakidonat, sitokin, dan sel dalam sistem kekebalan. Saat jalur INFLA-MAN diaktifkan, berbagai sel menghasilkan faktor inflamasi, meningkatkan produksi prostaglandin, mengaktifkan gen yang dapat menyebabkan peradangan dan menyebabkan pembuluh darah membesar, yang menyebabkan kemerahan. Meskipun kamu tidak memahami bagaimana INFLA-MAN menyebabkan peradangan, penting bagi kamu untuk mengetahui bahwa INFLA-MAN menyebabkan banyak masalah yang dapat menyebabkan "kulit sensitif".

Perawatan yang tepat dapat memperbaiki gejala kulit sensitif dan berhasil mengalahkan INFLA-MAN. Langkah pertama adalah mengetahui jenis kulit sensitif mana yang kamu derita. Banyak orang menderita satu atau lebih jenis kulit sensitif secara bersamaan.

4 Jenis Kulit Sensitif

1. Jerawat

jenis jenis kulit sensitif
Jenis Kulit Sensitif Jerawat

Meskipun jerawat paling umum terjadi antara usia 11 tahun sampai 25 tahun, siapa pun dari segala usia dapat berjuang dengan kondisi kulit ini. Jerawat terjadi ketika minyak berlebih memerangkap sel kulit mati, kotoran, riasan, dan kotoran lain di dalam pori-porimu, membentuk blackhead atau whitehead. Kemudian, ketika bakteri masuk ke dalam pori-pori, kemerahan dan peradangan muncul, membentuk jerawat. Karena ada tiga penyebab utama jerawat - produksi minyak berlebih, pori-pori tersumbat, dan bakteri - pengobatan yang paling efektif akan mengatasi semua penyebab tersebut.

2. Rosacea

jenis jenis kulit sensitif
Jenis Kulit Sensitif Rosacea

Banyak penderita rosacea tidak menyadari bahwa mereka memiliki kondisi ini. Gejala yang paling umum adalah kemerahan pada kulit, pembuluh darah yang terlihat di wajah, dan benjolan kecil seperti jerawat, dan gejala ini cenderung memburuk saat terkena pemicu tertentu. Pemicu ini bisa berupa hal-hal seperti paparan sinar matahari, cuaca hangat, olahraga, makanan pedas, dan alkohol. Meskipun penyebab pasti rosacea masih belum diketahui, kondisi ini diyakini terkait dengan genetika, fungsi sistem kekebalan, dan mungkin H. pylori, jenis bakteri tertentu ( American Academy of Dermatology ). Jika kamu kesulitan mengatasi flushing, kemerahan, dan gejala rosacea lainnya, bicarakan dengan dokter kamu tentang pilihan pengobatan kamu. RHOFADE™ adalah krim topikal baru yang telah terbukti membantu mengurangi kemerahan setidaknya selama 12 jam. Ini mungkin pilihan yang bagus untuk kamu jika perawatan lain gagal memperbaiki kulit kamu di masa lalu.

3. Menyengat (Stinging)

jenis jenis kulit sensitif
Jenis Kulit Sensitif Stinging

Ketika kulitmu terasa perih setelah menggunakan produk tertentu, ini bukanlah reaksi alergi, melainkan kamu ujung saraf yang sensitif. Sayangnya, banyak orang mulai mengasosiasikan sensasi menyengat atau kesemutan sebagai tanda bahwa produk tertentu berhasil. Namun, masalahnya tidak demikian, dan kamu harus menghentikan penggunaan produk atau bahan apa pun yang menyebabkan kulitmu bereaksi dengan cara ini. Beberapa bahan paling umum yang menyebabkan sengatan adalah:

  • Alpha hydroxy acids (glycolic acid dan lactic acid)
  • Benzoic acid
  • Bronopol
  • Cinnamic acid compounds
  • Dowicil 200
  • Formaldehyde
  • Propylene glycol
  • Quaternary ammonium compound
  • Sodium lauryl sulfate
  • Sorbic acid
  • Urea
  • Vitamin C

Jika kamu kesulitan menentukan penyebab sengatanmu, pertimbangkan untuk membawa produk perawatan kulitmu pada kunjungan kamu berikutnya ke dokter kulitmu. Ia harus dapat membantumu mempersempit kemungkinan penyebabnya dan membantumu merancang rutinitas perawatan kulit yang lebih tepat untuk kulit sensitifmu.

4. Alergi

jenis jenis kulit sensitif
Jenis Kulit Sensitif Alergi

Alergi kulit dapat terjadi baik secara internal melalui makanan tertentu, atau secara eksternal, ketika alergen dan zat berbahaya lainnya dapat menembus pelindung luar kulitmu. Dalam kedua kasus tersebut, kamu mungkin mengalami ruam atau efek samping merugikan lainnya setelah makan makanan tertentu atau menggunakan bahan topikal tertentu. Alergen yang paling umum ditemukan dalam produk perawatan kulit adalah wewangian dan pengawet, dan jenis kulit kering dan sensitif lebih mungkin mengalami alergi ini dibandingkan jenis kulit lain. Satu-satunya cara untuk mengetahui dengan pasti apa kamu alergi, adalah dengan melakukan uji tempel di kantor dokter kulitmu.

Kulit sensitif adalah masalah yang umum, meskipun banyak orang mungkin tidak merawat jenis kulit sensitif mereka dengan cara yang paling efektif. Seseorang dengan kulit berjerawat, misalnya, harus memiliki rutinitas perawatan kulit yang sedikit berbeda dari seseorang yang berjuang melawan rosacea. Jika kamu mencurigai bahwa kamu memiliki kulit sensitif tetapi tidak yakin, pertimbangkan untuk mencari dokter kulit (SpKK) di daerahmu untuk dapat mengetahui  Jenis Kulit sensitif apa yang ada  kamu miliki, kamu dapat memilih dari daftar produk perawatan kulit yang disetujui oleh dokter kulitmu yang sangat sesuai dengan kebutuhanmu.

Demikian cara memahami 4 jenis kulit sensitif. Semoga artikel ini bermanfaat kalian semua

Keyword Search: jenis kulit sensitif,cara mengetahui kulit sensitif,tipe kulit sensitif,cara mengetahui kulit wajah sensitif atau tidak,ciri kulit sensitif wajah,ciri ciri kulit sensitif dan berminyak,cara mengetahui kulit wajah kita sensitif atau tidak,perbedaan kulit sensitif dan berminyak,ciri ciri kulit sensitif berjerawat,ciri kulit sensitif berjerawat,cara mengetahui kulit sensitif atau tidak,perbedaan kulit sensitif dan berjerawat,ciri ciri kulit kering dan sensitif,ciri ciri kulit sensitif kombinasi,ciri kulit kering dan sensitif,ciri ciri kulit wajah sensitif dan kering,cara mengetahui kulit wajah sensitif,cara mengetahui wajah sensitif atau tidak,ciri ciri kulit berminyak sensitif,cara mengetahui kulit kita sensitif,tipe kulit wajah sensitif,ciri ciri kulit kering sensitif,perbedaan kulit kering dan sensitif,cara mengetahui kulit muka sensitif,ciri ciri kulit sensitif dan normal,jenis jenis kulit sensitif,cara membedakan kulit sensitif dan normal,ciri ciri jenis kulit wajah sensitif,perbedaan kulit kombinasi dan sensitif,cara mengetahui wajah sensitif,ciri ciri jenis kulit sensitif,cara mengetahui muka sensitif,jenis kulit wajah sensitif,cara mengetahui jenis kulit sensitif,perbedaan kulit normal dan sensitif,cara nak tahu kulit sensitif,tipe kulit sensitif kombinasi,perbedaan kulit berminyak dan sensitif,macam macam kulit sensitif,cara mengetahui jenis kulit wajah sensitif,tipe wajah sensitif,perbedaan kulit sensitif dan kombinasi,tipe kulit sensitif dan berminyak,tipe tipe kulit sensitif,cara tahu kulit sensitif,ciri kulit berminyak dan sensitif,jenis kulit berminyak dan sensitif,perbedaan kulit sensitif dan normal

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url