No 2 Jenis Kulit DSNT Yang Perlu Kamu Ketahui

type skin dsnt
Jenis Kulit DSNT Yang Perlu Kamu Ketahui

Apa Itu jenis kulit DSNT?

Jenis Kulit DSNT, atau Jenis Kulit Baumann nomor 2, adalah Kering, Sensitif, Tidak Berpigmen dan Kencang. Jika kulitmu terasa seperti tidak pernah mendapatkan cukup kelembaban, kamu mungkin seorang yang memiliki jenis kulit DSNT. Masalahnya, meskipun, kamu mengikuti setiap trik pelembab dalam buku ini, produk yang seharusnya dapat mengembalikan air ke kulitmu dapat menyebabkan iritasi, pengelupasan, kemerahan, kulit yang kasar dan kusam.

Masalah Umum untuk Jenis Kulit DSNT

Untungnya untuk jenis kulit DSNT, keriput dan penuaan dini tidak menjadi perhatian, asalkan kamu tetap terlindungi dari sinar matahari. Tetapi kamu menghadapi kulit yang sangat kering dan sangat sensitif, dan ini bisa menjadi kombinasi yang menantang. Kuncinya di sini adalah untuk melindungi dan memperbaiki pelindung kulit (skin barrier), yang membantu menjaga kelembapan sekaligus menjauhkan alergen, racun, dan bakteri.

Penghalang kulit (skin barrier) yang melemah dapat menyebabkan masalah pada jenis kulitmu, terutama jika kamu menggunakan produk perawatan kulit yang salah. Begitu pelindung kulit kamu rusak, zat dapat melewatinya terlalu cepat, yang dapat menyebabkan reaksi alergi atau inflamasi. Inilah mengapa jenis kulit DSNT sebaiknya menghindari produk yang mengandung pewangi dan pewarna yang dapat memicu reaksi ini.

Ingatlah juga bahwa beberapa jenis kulit DSNT mungkin lebih kering dan lebih sensitif daripada yang lain. Jika skor kamu sangat tinggi dalam kedua kategori ini, peluang kamu untuk mengalami reaksi dan mengembangkan eksim (kondisi kulit umum yang ditkamui dengan bercak kulit kering dan bersisik) jauh lebih tinggi.

SENSITIVITAS KULIT DAN JENIS KULIT DSNT

Empat puluh persen orang Amerika melaporkan bahwa mereka memiliki kulit sensitif yang bereaksi terhadap produk dan bahan dengan rasa terbakar, menyengat, gatal, dan kemerahan. Karena melacak penyebab pastinya dapat memakan waktu, saya sarankan kamu terlebih dahulu menghilangkan pemicu umum dengan menghindari bahan yang memicu alergi. Jika ini tidak membuahkan hasil, kamu selalu dapat menyimpan buku harian makanan dan produk, menuliskan apa yang kamu makan dan apa yang kamu gunakan pada kulitmu, sehingga kamu dapat melacak reaksimu terhadap alergen dan bahan potensial. Terakhir, kamu bisa pergi ke dokter kulit untuk pengujian tempel, yang akan menentukan alergen yang tepat. Tetapi proses itu lebih murah jika kamu telah mempersempit bahan pemicu alergi terlebih dahulu.

Kepekaan kulit dan alergi kulit berada pada spektrum yang sama; Meskipun kamu mungkin tidak selalu alergi secara aktif terhadap bahan perawatan kulit tertentu, kecuali zat tersebut menenangkan dan menghilangkan kepekaan, zat itu juga dapat merusak pelindung kulit dan meningkatkan sensitivitas kulitmu secara keseluruhan.

PENGHALANG KULIT (SKIN BARRIER)

Penghalang alami kulit terdiri dari sel-sel (seperti batu bata) yang dikelilingi oleh lemak (disebut lipid), yang bertindak sebagai mortar. Molekul lemak berbaris dalam lapisan gkamu lipid (dua baris molekul lemak) untuk membentuk struktur tiga dimensi. Fungsinya seperti Saran Wrap, menjaga air di dalam lapisan kulit, sekaligus menjaga alergen, racun, dan bakteri keluar.

Dengan pelindung kulit yang lemah, zat melewati penghalang terlalu mudah, menghasilkan reaksi alergi atau peradangan karena sistem kekebalan mengenali sesuatu yang asing bagi tubuh dan bereaksi berlebihan.

Setelah pelindung kulit rusak, siklus dimulai. Kurangnya perlindungan menyebabkan invasi zat yang menyebabkan peradangan; radang menyebabkan gatal dan kerusakan lebih lanjut dari penghalang. Akibatnya, kulit tidak bisa menahan air, dan mengakibatkan dehidrasi.

Seluruh masalah dapat memulai atau memperburuk kerusakan penghalang. Bahan perawatan kulit yang keras atau wangi dapat menyebabkan peradangan dan memecah sel. Penderita jenis kulit DSNT bernasib lebih baik ketika "bebas pewangi" menjadi populer. Aseton dalam cat kuku, bahan kimia yang digunakan untuk mengolah kain, cairan pembersih kering, bahan kimia dalam bahan bangunan, karpet, pelapis furnitur, dan polutan industri dan otomotif berpotensi menimbulkan masalah.

Banyak penderita jenis kulit DSNT menderita alergi kulit. Banyak yang tidak bisa memakai anting yang bukan dari emas asli atau platinum, tanpa mengalami ruam. Ini sering terjadi karena alergi nikel. Jam tangan dan kait pada pakaian atau pakaian dalam dapat menyebabkan timbulnya ruam. Ruam merah mungkin muncul di bawah cincin, tetapi jangan khawatir. Bukannya cincin emas atau platinummu palsu. Penjelasan yang lebih mungkin adalah ketika kamu mencuci tangan, deterjen sabun tersangkut di bawah cincin dan mengiritasi kulit kamu.

Orang yang berasal dari keluarga dengan alergi dan asma lebih rentan mengalami kekeringan yang menyebabkan eksim. Ini mungkin karena kelainan enzim yang membantu menjaga struktur kulit.

Pada jenis kulit berminyak, sensitivitas kulit akan menyebabkan jerawat dan flushing, sedangkan reaksi perih, terbakar, dan alergi lebih jarang terjadi karena minyak membantu memperkuat pelindung kulit. Namun, mereka yang memiliki sensitivitas tinggi biasanya akan mengalami alergi terhadap banyak bahan kulit. Jenis kombinasi berminyak / kering dengan kulit sensitif akan lebih jarang berjangkit, seperti beberapa jerawat setiap beberapa bulan. Pada tipe kering dan sensitif, kekeringan yang menyebabkan eksim menjadi perhatian utama. 

Dengan menderita jenis kulit DSNT kamu mungkin mengalami salah satu dari yang berikut ini:

  • Kekeringan
  • Mengelupas
  • Penskalaan
  • Gatal
  • Bercak
  • Kemerahan
  • Sensitivitas terhadap bahan perawatan kulit
  • Sensitivitas terhadap sabun dan deterjen
  • Ruam di bawah cincin
  • Ruam dari perhiasan yang bukan emas atau platina asli
  • Iritasi dan radang karena anting tindik
  • Jerawat sesekali

Kulit kering mungkin lebih dari sekadar masalah kulit yang mendalam. Ini mungkin gejala hipotiroidisme, penyakit yang sedang meningkat. Silakan berkonsultasi dengan dokter kamu untuk mengetahui apakah kamu berisiko.

Anjuran dan Larangan untuk jenis kulit DSNT

Anjuran

  1. Gunakan pelembab perbaikan penghalang seperti yang memiliki Teknologi MLE
  2. Hanya gunakan retinoid dengan resep dokter SpKK
  3. Gunakan produk dengan bahan anti inflamasi seperti minyak argan, niacinamide dan ekstrak biji anggur
  4. Cuci wajahmu setelah membilas kondisioner rambut untuk menghilangkan residu dari kulit
  5. Pertimbangkan untuk mengonsumsi suplemen anti-inflamasi oral, atau makan makanan dengan minyak biji rami, asam lemak omega-3, atau zinc
  6. Makan makanan tinggi asam linoleat, seperti biji labu dan kenari
  7. Makan makanan tinggi vitamin A, seperti ubi jalar, kangkung dan wortel
  8. Dapatkan setidaknya tujuh jam tidur malam dan lakukan satu jam aktivitas penghilang stres setiap hari untuk menurunkan kadar kortisol darah

Larangan

  1. Menggunakan pembersih berbusa, sampo, dan mandi busa dengan deterjen seperti sodium lauryl sulfate
  2. Lupa atau tidak mengguakan sunscreen setiap hari
  3. Berkecil hati jika perlu beberapa minggu untuk menyesuaikan diri dengan retinol
  4. Menggunakan produk yang tidak ditentukan sesuai dengan jenis kulitmu
  5. Makan banyak gula dan produk susu jika kamu mengalami jerawat

Merawat jenis kulit DSNT

Rutinitas perawatan kulit yang ideal untuk jenis kulit DSNT berfokus pada meminimalkan kekeringan dan sensitivitas dengan memperbaiki dan memperkuat pelindung kulit. Berikut beberapa rekomendasi umum:

  • Jangan pernah menggunakan pembersih berbusa atau sabun batang biasa. Sebagai gantinya, gunakan pembersih yang menghidrasi dan tidak berbusa seperti VMV Hypoallergenic Moisture Rich Creammmy Cleansing Milk .
  • Jangan pernah menggunakan toner . Produk-produk ini menghilangkan lemak yang sangat dibutuhkan dari kulit kamu. Sebagai gantinya, gunakan facial water seperti La Roche-Posay Thermal Spring Water, yang mengandung selenium untuk membantu mengurangi peradangan.
  • Lembapkan sebanyak mungkin. Pelembab yang memperbaiki penghalang sangat penting untuk jenis kulit DSNT. Saya merekomendasikan Zerafite Barrier Repair Moisturizer karena mengandung rasio ceramide, asam lemak dan kolesterol yang sama dengan yang ditemukan secara alami di pelindung kulit.
  • Hati-hati dengan exfoliasi.
  • Buatlah pilihan gaya hidup sehat seperti makan makanan seimbang yang kaya antioksidan, mengurangi stres, dan mengonsumsi suplemen omega-3 untuk meningkatkan kesehatan kulit dari dalam ke luar.

Ada banyak hal yang disukai dari jenis kulit DSNT, yaitu penampilannya yang halus dan kencang yang bebas dari kerutan. Pastikan untuk selalu menjaga kelembapan dan melindungi kulitmu dengan menggunakan produk perawatan kulit lembut yang tidak akan merusak pelindung kulitmu dan menyebabkan iritasi.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url