Jenis Kulit OSNT: Karakteristik dan Perawatan yang Tepat

Jenis Kulit OSNT yang Perlu Kamu Ketahui

Jenis Kulit OSNT adalah Berminyak, Sensitif, Tidak Mempunyai Pigmentasi, dan Kencang. Mayoritas orang dengan jenis kulit ini berusia di bawah 30 tahun dan berjerawat.

Sensitivitas yang disebabkan oleh peradangan yang mendasari adalah salah satu hambatan bagi kesehatan kulit untuk jenis kulit OSNT. Namun, menggunakan rangkaian perawatan jerawat yang tepat untuk jenis kulitmu dan bahan-bahan anti inflamasi dapat membantumu mendapatkan kulit yang bersih dan bebas jerawat.

Apa Saja Manfaat Memiliki Jenis Kulit OSNT?

Dengan hanya satu hambatan untuk kesehatan kulit, pemilik jenis kulit OSNT memiliki beberapa manfaat. Kekeringan dan dehidrasi biasanya tidak menjadi masalah untuk jenis kulit OSNT, karena kulitmu memproduksi sebum (minyak) yang cukup untuk menjaga pelindung kulit yang sehat yang mengunci kelembapan dan mencegah iritasi.

Pemilik jenis kulit OSNT tidak memiliki masalah pigmentasi seperti flek hitam, warna kulit yang tidak merata, atau kondisi seperti melasma atau hiperpigmentasi pasca inflamasi.

Karena jenis kulit OSNT cenderung lebih muda atau telah menerapkan kebiasaan perlindungan sinar matahari yang sangat baik, jenis kulit ini cenderung memiliki kulit yang halus dan bebas kerutan.

Mengenakan sunscreen setiap hari dan mempertahankan kebiasaan gaya hidup sehat akan membantu kamu untuk terus mencegah tanda-tanda penuaan dini.

Apa Saja Kekurangan Memiliki Jenis Kulit OSNT?

Masalah kulit utama yang dimiliki oleh pemilik jenis kulit OSNT adalah peradangan, yang sering kali menyebabkan jerawat. Peradangan dapat disebabkan oleh bakteri C. acnes yang menyebabkan jerawat atau fluktuasi hormon, yang juga dapat menyebabkan jerawat.

Kendalikan peradangan dengan mengintegrasikan bahan-bahan ke dalam rangkaian perawatan kulitmu yang dapat membunuh bakteri C. acnes, membersihkan pori-pori, dan memiliki sifat antiinflamasi yang menenangkan kulit.

Beberapa bahan antimikroba yang umum digunakan untuk perawatan jerawat dan aman untuk kulit berminyak adalah:

  • Benzoyl peroxide
  • Lavender oil
  • Peppermint oil
  • Rose oil
  • Salicylic acid
  • Tea tree oil

Secara umum, banyak bahan antimikroba terbaik memiliki pH rendah yang membuat kulit tidak ramah terhadap bakteri. Itulah sebabnya mengapa begitu banyak ahli dermatologi merekomendasikan pembersih dengan pH rendah untuk kulit berjerawat.

Jenis Kulit OSNT Rosacea

Dengan jenis kulit OSNT, kamu mungkin mengalami salah satu dari yang berikut ini:

  • Wajah berminyak
  • Kemerahan dan memerah pada wajah
  • Munculnya benjolan
  • Benjolan berwarna kuning atau sewarna kulit dengan lekukan di tengahnya (Kelenjar minyak yang membesar ini disebut hiperplasia sebasea)
  • Rasa terbakar atau perih
  • Ruam wajah atau bercak bersisik berwarna merah muda, terutama di sekitar hidung
  • Pembuluh darah wajah yang terlihat merah atau biru
  • Sunscreen terasa terlalu berat atau berminyak
  • Kulit terlihat mengkilap atau merah (atau keduanya!) dalam foto

Jenis Kulit OSNT dan Penuaan

Sifat berminyak pada jenis kulit OSNT akan membaik seiring berjalannya waktu (dan wanita akan membaik lebih cepat daripada pria). Seiring bertambahnya usia, jerawat yang disebabkan oleh produksi minyak yang terlalu aktif biasanya berkurang. Akhirnya, sebuah manfaat dari mengalami menopause! Namun, wanita tidak keluar dari masalah, karena rasa panas yang dialami beberapa wanita dapat menyebabkan peningkatan kemerahan pada wajah-keluhan terbesarmu. Untuk mencegah atau mengurangi tanda-tanda penuaan, banyak orang menggunakan krim kulit anti-aging, tetapi para pemilik kulit OSNT harus berhati-hati saat memilihnya. Banyak yang mengandung acid dan bahan-bahan lain yang dapat mengiritasi kulitmu. Tindakan eksfoliasi mereka baik untuk orang lain, tetapi tidak untukmu. Retinoid, yang sangat penting untuk mencegah penuaan, sering kali sangat sulit untuk ditoleransi.  Jika kamu memutuskan untuk mencoba retinoid, gunakan retinol dengan kekuatan yang sangat rendah setiap malam ketiga hingga kulitmu bisa mengatasinya tanpa menjadi merah atau mengelupas.

Teknik pencegahan penuaan terbaik bagi diri kamu adalah penggunaan sunscreen dan anti inflamasi secara teratur dalam perawatan kulit dan diet kamu. Percaya atau tidak, jenis kulit OSNT adalah jenis kulit yang bagus untuk dimiliki. Para pemilik jenis kulit OSNT yang lebih muda mungkin tidak mempercayai saya, tapi yang bisa saya katakan adalah: Tunggulah sampai kamu berusia empat puluh tahun. Ketika jenis kulit lain berjuang untuk meminimalkan tanda-tanda penuaan, kamu akan melihat ke cermin dan bersyukur atas penampilan awet muda karena antioksidan yang muncul secara alami di kulit berminyakmu. Jika para pemilik kulit OSNT melanjutkan kebiasaan gaya hidup sehat, mereka akan menghemat banyak uang karena penuaan tidak akan membawa kerutan dan kekenduran yang membuat orang lain melakukan prosedur mahal seperti Botox, injeksi hyaluronic acid, pengencangan kulit, dan laser. Saya memiliki pesan sederhana untuk para pemilik jenis kulit OSNT: temui dokter kulit segera untuk mendapatkan produk antiinflamasi terbaru untuk mencegah kemerahan pada wajahmu semakin parah.

Demikianlah jenis kulit OSNT yang perlu kamu ketahui. Semoga artikel ini bermanfaat.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url